Jumat, 19 November 2010

Pengertian Sistem Informasi Akutansi

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
A.
Pengertian dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi
1. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Pada dasarnya informasi merupakan data yang telah diolah sedemikian rupa,
sehingga dapat dijadikan dasar bagi pengambilan keputusan. Informasi memegang
peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan untuk mengetahui kegiatan apa
yang telah terjadi dengan perusahaannya, melakukan evaluasi apakah kegiatan yang
dilakukan telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan menjamin agar data
tersebut dapat diolah secara efisien menjadi informasi yang akurat, dapat dipercaya
dan tepat waktu maka dalam pengolahan data tersebut diperlukan suatu alat yang
dinamakan sistem informasi.
Ada beberapa perbedaan sistem informasi yang diterapkan perusahaan. Salah
satu sistem informasi yang sangat diperlukan bagi manajemen untuk mengolah data
administrasi dan keuangan adalah sistem informasi akuntansi. Perbedaan tersebut
sebenarnya hanya terletak pada penekanannya saja, namun pada dasarnya tetap
mengandung pengertian yang sama.
Davis, dan kawan-kawan, mengatakan bahwa Accoun-ting information system
encompass the process and procedures by which an organization’s financial
information is received, registered, recorded, handled, processed, stored, and
ultimately disfosed of.
Penjelasan di atas menekankan pada proses dan prosedur pengelolaan atas
informasi keuangan organisasi mulai dari penerimaan sampai dengan informasi
tersebut tidak berguna lagi bagi organisasi.
Sedangkan Robert G. Murdick menyatakan bahwa The accounting information
system can be defined as the set of activities of the organization responsible for
preparation of financial information and the information obtained from transaction
data for the purpose of :(1)internal reporting to managers for use in planning and
controlling current and future operations, and (2) external reporting to stockholders,
government and other outside parties.
Pengertian di atas jelas mengenai sistem informasi akuntansi dan dapat
diambil kesimpulan bahwasistem informasi akuntansi mencakup proses dan
prosedur pengelolaan informasi keuangan organisasi dengan tujuan untuk pelaporan
kepada pihak intern maupun ekstern perusahaan.
2. Tujuan Sistem Informasi Akuntansi
Tujuan penyusunan sistem informasi akuntansi adalah sama dengan tujuan
penyusunan sistem akuntansi antara lain :
a. Untuk menyediakan informasi bagi pengelola kegiatan usaha baru.
b. Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada,
baik mengenai mutu, Ketepatan penyajian maupun struktur informasi
c. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi & pengecekan intern, yaitu untuk
memperbaiki tingkat keandalan (realibility) informasi akuntansi dan untuk
menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggung jawaban dan
perlindungan kekayaan perusahaan.

1



d. Untukmengurangi
akuntansi.
biaya
klerikal
dalam penyeleng-garaan catatan
Tujuan di atas dapat dijelaskan bahwa biasanya perusahaan baru memulai
usahanya sangat memerlukan penyusunan sistem informasi akuntansi yang lengkap.
Namun, adakalanya sistem informasi akuntansi yang sudah ada tidak dapat
memenuhi kebutuhan manajemen, baik dalam hal mutu, ketepatan penyajian
maupun struktur informasi yang terdapat dalam laporan. Dengan memperbaiki
pengawasan akuntansi dan pengendalian intern, maka pertanggungjawaban
terhadap penggunaan kekayaan organisasi dapat dilaksanakan dengan baik serta
informasi yang dihasilkan oleh sistem tersebut dapat
B. Struktur Pengendalian Intern
1. Pengertian struktur pengendalian intern
Pengendalian intern merupakan istilah yang telah umum dan banyak
dipergunakan dalam berbagai kepentingan. Fungsi dari pengendalian intern ini
semakin penting, karena perusahaan semakin berkembang dengan system akuntansi
yang semakin rumit. Semua pimpinan perusahaan harus menyadari dan memahami
arti penting pengendalian intern.
Struktur pengendalian intern satuan usaha terdiri dari kebijakan dan
prosedur yang diterapkan untuk keyakinan (assurance) memadai bahwa tujuan
tertentu satuan usaha akan dicapai.
Kell, et.al., mengatakan pengendalian intern adalah sebagai berikut :An
entity’s internal control structure consists of the policies and procedures established
to provide Reasonable assurance that specific entity objectives will be achieved.
Entity’s internal control structure consists of three elements (1) the control
environment, (2) the accounting system, and (3) control procedures.
Proseduradalahurut-urutanpekerjaanyangharusdiikutidalam
mengimplementasikan kebijakan yang telah ditetapkan, sedangkan tujuan
merupakan pernyataan mengenai apa yang diinginkan perusahaan untuk dicapai.
Pengertian tentang pengendalian intern dalam arti luas adalah :Internal
control comprises the plan of organization and all of the coordinated methods and
measures adopted a business to safeguard its assets, check the accuracy and
realibility of its accounting data, promote operational efficiency and encourage
adherence to prescribed managerial policies.
Penjelasan definisi di atas meliputi struktur organisasi,metode dan ukuran-
ukuran yang dikoordinasikan
Untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data
akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen
untuk menekankan tujuan yang hendak dicapai dan bukan unsure-unsur yang
membentuk sistem tersebut.
Internal control is a process affected by and entity’s board of directors,
management, and other personnel designed to provide reasonable assurance
regarding the achievement of objectives in the following categories : (a) realibity of
financial reporting, (b) effectiveness and efficiency of operations, and (c) complience
with applicable laws and regulations.
Penjelasan definisi di atas menyimpulkan bahwa pengendalian intern adalah
suatu proses yang terdiri dari usaha atau tindakan-tindakan yang tepat dan
terintegrasi yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Pelaksanaan pengendalian
intern melibatkan seluruh anggota organisasi bukan dibebankan pada bagian
tertentu saja, sehingga memberikan keyakinan terpercaya atas seluruh kegiatan
organisasi yang meliputi realibility
2

dari pelaporan keuangan, efisiensi dan keefektifan atas kegiatan atau operasi
perusahaan dan kepatuhan terhadap hokum dan undang-undang yang berlaku.
2. Unsur-unsur struktur pengendalian intern
Struktur pengendalian intern yang baik memiliki karakteristik yang meliputi
hal-hal berikut : Suatu rencana organisasi yang memungkinkan adanya pemisahan
pertanggungjawaban fungsi secara tepat.
a. Suatu sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang tepat untuk
memungkinkan pengendalian akuntansi yang memadai terhadap aktiva,
utang, pendapatan dan biaya.
b. Praktik yang sehat diikuti dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dari setiap
bagian organisasi.
c. Kualitas pengamat yang sesuai dengan tanggung jawab.
Karakteristik yang baik akan mendukung terciptanya pengendalian intern
yang efektif. Rencana organisasi, sistem otorisasi, dan prosedur pencatatan
yang tepat, praktik yang sehat serta kualitas pengamat yang sesuai harus
terintegrasi dengan baik dalam pelaksanaan kerjanya. Kelancaran pekerjaan
akan memudahkan struktur pengendalian intern terlaksananya dalam
mencapai tujuan. Namun untuk keberhasilan tujuan terdapat beberapa unsur
pokok yang dapat menentukan keberhasilan struktur pengendalian intern.
Berikut ini akan dijelaskan tiga unsur-unsur pengendalian intern, yaitu :
• Lingkungan pengendalian
• Sistem akuntansi
• Prosedur pengendalian
Lingkungan pengendalian
Lingkungan pengendalian merupakan pengaruh gabungan dari berbagai
faktor dalam membentuk, memperkuat atau memperlemah efektivitas kebijakan dan
prosedur tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut adalah :
1) Falsafah manajemen dan gaya operasinya
2) Struktur organisasi satuan usaha
3) Berfungsinya dewan komisaris, dan komite-komite yang dibentuk
4) Metode pemberian wewenang dan tanggung jawab
5) Metode pengendalian manajemen dalam membantu dan menindaklanjuti kinerja,
termasuk audit intern.
6) Kebijakan dan praktik personalia
7) Berbagai factor ekstern yang mempengaruhi operasi dan praktik satuan usaha,
seperti pemeriksaan yang dilakukan oleh badan legislative dan lembaga
pemerintah. Lingkungan pengendalian mencerminkan keseluruhan sikap,
kesadaran dan tindakan dari dewan komisaris, manajemen, pemilik dan pihak
lain mengenai pentingnya pengendalian intern dan tekanannya pada satuan
usaha yang bersangkutan.
Sistem akuntansi
Sistem akuntansi terdiri dari metode dan catatan yang diciptakan untuk
mengidentifikasikan, menghimpun
Menganalisa, mengelompokkan, mencatat dan melaporkan transaksi satuan usaha
dan untuk menyelenggarakan pertanggungjawaban aktiva dan kewajiban yang
bersangkutan dengan transaksi tersebut.
Sistem akuntansi yang efektif mempertimbangkan pembuatan metode dan
catatan yaitu : Mengidentifikasi dan mencatat semua transaksi yang saha.
3

Menggambarkan transaksi secara tepat waktu dan cukup rinci sehingga
memungkinkan pengelompokkan transaksi secara semestinya untuk pelaporan
keuangan.
1.Mengukur nilai transaksi dengan cara yang memungkinkan pencatatan nilai
keuangan yang layak dalam laporan keuangan.
2.Menentukan periode terjadinya transaksi untuk memungkinkan pencatatan nilai
keuangan yang layak dalam laporan keuangan.
3.Menyajikan dengan semestinya transaksi dan pengungkapannya dalam laporan
keuangan.
Prosedur pengendalian
Prosedur pengendalian adalah kebijakan dan prosedur sebagai tambahan
terhadap lingkungan pengendalian dan
dan sistem akuntansi yang telah diciptakan oleh manajemen untuk memberikan
keyakinan memadai bahwa tujuan tertentu satuan usaha akan tercapai. Prosedur
pengendalian mempunyai beberapa tujuan dan diterapkan pada berbagai tingkatan
organisasi dan pembrosesan data. Prosedur pengendalian dapat diintegrasikan dalam
komponen tertentu lingkungan pengendalian dan system akuntansi. Secara umum
prosedur pengendalian dapat dikelompokkan ke dalam prosedur, yaitu :
1. Otorisasi yang semestinya atas transaksi dan kegiatan.
2. Pemisahan tugas yang mengurangi kesempatan yang memungkingkan seseorang
dalam posisi yang dapat melakukan dan sekaligus menutupi kekeliruan atau
ketidakberesan dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari. Oleh sebab itu,
tanggung jawab untuk memberikan otorisasi transaksi, mencatat transaksi, dan
menyimpan aktiva perlu dipisahkan di tangan karyawan yang berbeda.
3. Perancang dan penggunaan dokumen dan catatan yang memadai untuk
membantu pencatatan secara semestinya transaksi dan peristiwa, misalnya
dengan memantau penggunaan dokumen pengiriman barang yang bernomor urut
tercetak.
4. Pengamanan yang cukup atas akses dan penggunaan aktiva perusahaan dan
catatan, misalnya penetapan fasilitas yang dilindungi dan otorisasi untuk akses
ke program dan arsip data komputer.
5. Pengecekan secara independen atas pelaksanaan dan penilaian yang semestinya
atas jumlah yang dicatat, misalnya pengecekan atas pekerjaan klerikal,
rekonsiliasi, pembandingan aktiva yang ada dengan pertanggungjawaban yang
tercatat, pengawasan dengan menggunakan program komputer, penelaahan oleh
manajemen atas laporan yang mengikhtisarkan rincian akan (misalnya saldo
piutang yang dirinci menurut umur piutang) dan penelaahan oleh pemakai atas
laporan yang dihasilkan oleh komputer.
Walter G.Kell, William C.Boynton and Richard E.Ziegler menyatakan bahwa struktur
pengendalian intern terdiri dari :
a. Control environment
b. Risk assessment
c. Information and communication
d. Control activities
e. Monitoring.
a. Control environment
Control environment atau lingkungan pengendalian mencerminkan suasana
perusahaan yang mempengaruhi sikap dan tindakan para anggota perusahaan akan
pentingnya pengendalian. Efektivitas sistem akuntansi dan prosedur
4

Pengendalian sangat ditentukan oleh suasana yang diciptakan oleh
lingkungan pengendalian. Ini berarti pengendalian mempunyai dampak yang sangat
besar terhadap keseriusan pengendalian intern yang diterapkan dalam perusahaan.
b. Risk assessment
Penetapan resiko laporan keuangan adalah mengidentifikasi dan menganalisa
resiko-resiko yang berhubungan dengan manajemen perusahaan untuk menyiapkan
laporan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.
Penetapan resiko oleh manajemen berkenaan dengan hubungan resiko terhadap
pernyataan laporan keuangan yang khusus dan kegiatan mencatat, memproses,
menyimpulkan dan melaporkan data akuntansi.
c. Information and communication
Information and communication atau informasi dan komunikasi sangat
berguna untuk menghasilkan laporan keuangan. Sistem informasi sangat relevan
untuk tujuan laporan keuangan yang mencakup sistem akuntansi dan melindungi
harta dan hutang perusahaan. Sistem akuntansi seharusnya mencakup penafsiran
audit yang lengkap, karena penafsiran transaksi sangat penting bagi manajemen dan
auditor. Dengan kata lain komunikasi melibatkan pemahaman yang jelas dari peran
dan tanggung jawab setiap individu yang berkenaan dengan struktur pengendalian
intern atas laporan keuangan. Komunikasi harus dapat meyakinkan bahwa setiap
personil terlibat dalam memahami laporan keuangan dan kegiatan mereka baik di
luar perusahaan ataupun dalam perusahaan.
d. Control activities
Control activities atau pengendalian aktivitas adalah kebijakan prosedur yang
membantu meyakinkan bahwa arahan manajemen dilaksanakan. Pengendalian ini
meyakinkan tidankan-tindakan yang diambil untuk mengatasi resiko dalam mencapai
tujuan organisasi. Pengawasan ini harus terlaksana pada semua tingkat fungsi
manajemen.
e. Monitoring
Monitoring merupakan proses untuk menilai kualitas dari pelaksanaan
struktur pengendalian intern yang telah berjalan. Monitoring merupakan pemantauan
terhadap personil yang mengawasi desain dan operasi perusahaan yang
dilaksanakan. Struktur pengendalian intern yang berjalan diharapkan dapat
mengatasi atau mengantisipasi penyimpangan atau kecurangan yang terjadi.
Monitoring dapat dilaksanakan selama kegiatan perusahaan berjalan dan dapat
dievaluasi secara periodik.
c. Pengertian dan Klasifikasi Piutang
1. Pengertian piutang
Piutang merupakan suatu proses yang penting, yang dapat menunjukkan satu
bagian yang besar dari harta likuid perusahaan.
Kieso dan Weygandt mendefinisikan pengertian piutang sebagai berikut :
Receivables are claims held against customers and others for money, goods, or
services. Sedangkan pengertian piutang menurut S.Hadibroto adalah : Piutang
merupakan klaim terhadap pihak lain, apakah klaim tersebut berupa uang, barang
atau jasa, untuk maksud akuntansi istilah dipergunakan dalam arti yang lebih sempit
yaitu merupakan klaim yang diharapkan akan diselesaikan dengan uang. Penjelasan
definisi di atas diketahui bahwa piutang secara luas diartikan sebagai tagihan atas
segala sesuatu hak perusahaan baik berupa uang, barang maupun jasa atas pihak
ketiga setelah perusahaan melaksanakan kewajibannya, sedangkan secara sempit
5

piutang diartikan sebagai tagihan yang hanya dapat diselesaikan dengan diterimanya
uang di masa yang akan datang.
Pada umumnya piutang timbul ketika sebuah perusahaan menjual barang
atau jasa secara kredit dan berhak atas penerimaan kas di masa mendatang, yang
prosesnya dimulai dari pengambilan keputusan untuk memberikan kredit kepada
langganan, melakukan pengiriman barang, penagihan dan akhirnya menerima
pembayaran, dengan kata lain piutang dapat juga timbul ketika perusahaan
memberikan pinjaman uang kepada perusahaan lain dan menerima promes atau
wesel, melakukan suatu jasa atau transaksi lain yang menciptakan suatu hubungan
dimana satu pihak berutang kepada yang lain seperti pinjaman kepada pimpinan
atau karyawan. Piutang merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam
modal kerja suatu perusahaan. Sebagian piutang dapat dimasukkan dalam modal
kerja yaitu bagian piutang yang terdiri dari dana yang diinvestasikan dalam produk
yang terjual dan sebagian lain yang termasuk modal kerja potensial yaitu bagian
yang merupakan keuntungan.
Piutang merupakan elemen modal kerja yang selalu dalam keadaan berputar
secara terus menerus dalam rantai perputaran modal kerja yaitu Kas --------
persediaan ---- piutang ------ kas. Dalam keadaan normal dan dimana penjualan
pada umumnya dilakukan dengan kredit, piutang mempunyai tingkat likuiditas yang
lebih tinggi dari pada persediaan, karena perputaran dari piutang ke kas
membutuhkan satu langkah, yang penting kebijaksanaan kredit yang efektif dan
prosedur-prosedur penagihan untuk menjamin penagihan piutang yang tepat pada
waktunya dan mengurangi kerugian akibat piutang tak tertagih.
2. Klasifikasi piutang
Pada umumnya piutang bersumber dari kegiatan operasi normal perusahaan
yaitu penjualan kredit atas barang dan jasa kepada pelanggan, tetapi selain itu
masih banyak sumber-sumber yang dapat menimbulkan piutang.
Smith and Skousen memberikan klasifikasi piutang terdiri atas “piutang
dagang (trade receivables) dan piutang bukan dagang”.
Piutang dagang
a. Wesel tagih atau notes receivables
Wesel tagih ini didukung oleh suatu janji formal tertulis untuk membayar.
b. Piutang usaha atau accounts receivables
Piutang usaha merupakan piutang dagang yang tidak dijamin “rekening
terbuka”. Piutang dagang merupakan suatu perluasan kredit jangka pendek kepada
pelanggan. Pembayaran-pembayarannya biasanya jatuh tempo dalam tiga puluh
sampai sembilan puluh hari. Perjanjian kreditnya merupakan persetujuan informal
antara penjual dan pembeli yang didukung oleh dokumen-dokumen perusahaan
yaitu faktur dan kontrak-kontrak penyerahan. Biasanya piutang dagang tidak
mencakup bunga, meskipun bunga atau biaya jasa dapat saja ditambahkan bilamana
pembayaran tidak dilakukan dalam periode tertentu, dengan kata lain piutang
dagang merupakan tipe piutang paling besar.
Piutang bukan dagang
Piutang bukan dagang ini meliputi seluruh tipe piutang lainnya dan mempunyai
beberapa transaksi-transaksi yaitu :
a. Penjualan surat berharga atau pemilik selain barang dan jasa.
b. Uang muka kepada pemegang saham, para direktur, pejabat, karyawan dan
perusahaan-perusahaan affiliasi.
c. Setoran-setoran kepada kreditur, perusahaan kebutuhan umum dan instansi-
instansi lainnya.
6

d.
e.
f.
g.
h.
Pembayaran dimuka pembelian-pembelian.
Setoran-setoran untuk menjamin pelaksanaan kontrak atau pembayaran biaya.
Tuntutan atas kerugian atau kerusakan.
Saham yang masih harus disetor.
Piutang deviden dan bunga.
Piutang bukan dagang umumnya didukung dengan persetujuan-persetujuan
formal dan secara tertulis. Piutang bukan dagang harus diikhtisarkan dalam
perkiraan-perkiraan yang berjudul sesuai dan dilaporkan secara terpisah dalam
laporan keuangan.
D. Sistem Informasi Akuntansi Penagihan Piutang
Penagihan piutang dari penjualan kredit dapat dilakukan melalui berbagai cara,
antara lain :
1. Fungsi yang terkait dalam sistem penagihan piutang dari penjualan kredit.
2. Dokumen yang digunakan dalam sistem penagihan piutang.
3. Sistem penagihan piutang melalui penagih perusahaan dilaksanakan dengan
prosedur.
Ad.1. Fungsi yang terkait dalam sistem penagihan piutang dari penjualan kredit
Fungsi yang terkait dalam sistem penagihan piutang dari penjualan kredit adalah :
a. Fungsi secretariat
Fungsi ini bertanggungjawab dalam penerimaan cek dan surat pemberitahuan
atau remittance advice melalui pos dan para debitur perusahaan. Fungsi ini juga
bertugas membuat daftar surat pemberitahuan yang diterima bersama dari para
debitur dan fungsi ini berada di tangan bagian sekretariat.
b. Fungsi penagihan
Fungsi ini bertanggungjawab untuk melakukan penagihan kepada para
debitur perusahaan berdasarkan daftar piutang yang ditagih yang dibuat oleh fungsi
akuntansi dan fungsi ini berada di tangan bagian penagihan.
c. Fungsi kas
Fungsi ini bertanggungjawab atas penerimaan cek dari fungsi sekretariat atau
fungsi penagihan dan menyetorkan kas yang diterima dari berbagai fungsi tersebut
segera ke bank dalam jumlah penuh dan fungsi ini berada di tangan bagian kas.
d. Fungsi akuntansi
Fungsi ini bertanggungjawab dalam pencatatan penerimaan kas dari piutang
ke dalam jurnal penerimaan kas dan berkurangnya piutang ke dalam kartu piutang,
dan fungsi ini berada di tangan bagian akuntansi.
e. Fungsi pemeriksa intern
Fungsi ini bertanggungjawab dalam melaksanakan perhitungan yang ada di
tangan fungsi kas secara periodik, dan melakukan rekonsiliasi bank, untuk mengecek
ketelitian catatan kas yang diselenggarakan oleh fungsi akuntansi, dan fungsi ini
berada di tangan bagian pemeriksa intern.
Ad.2. Dokumen yang digunakan dalam sistem penagihan piutang
Dokumen yang digunakan dalam sistem penagihan piutang adalah :
1) Surat pemberitahuan
2) Daftar surat pemberitahuan
3) Bukti setor bank
7

4) Kuitansi.
Surat pemberitahuan merupakan dokumen untuk memberitahu maksud
pembayaran yang akan dilakukan. Daftar surat pemberitahuan merupakan
rekapitulasi penerimaan kas. Bukti setor bank merupakan bukti penyetoran kas yang
diterima dari piutang ke bank. Kuitansi merupakan bukti penerimaan kas yang dibuat
oleh perusahaan bagi para debitur yang telah melakukan pembayaran utang mereka.
Ad.3. Sistem penagihan piutang melalui penagih perusahaan dilaksanakan dengan
prosedur
Sistem penagihan piutang melalui penagih perusahaan dilaksanakan dengan
prosedur adalah :
1) Penerimaan piutang mengirimkan daftar piutang yang sudah saatnya ditagih
kepada bagian penagihan.
2) Bagian penagihan mengirimkan penagih untuk melakukan penagihan kepada
debitur.
3) Bagian penagihan menerima cek atas nama dalam surat pemberitahuan dari
debitur.
4) Bagian penagihan menyerahkan surat pemberitahuan kepada bagian piutang
untuk kepentingan posting ke dalam kartu piutang.
5) Bagian kas mengirim kuitansi sebagai tanda penerimaan kas kepada debitur.
6) Bagian kas menyetor ke bank, setelah cek atas cek tersebut dilakukan
endorsement oleh pejabat yang berwenang.
7) Bank perusahaan melakukan clearing atas cek tersebut ke bank debitur.
Sistem pengendalian intern yang baik mengharuskan agar semua penerimaan
kas dari debitur harus dalam bentuk cek atas nama atau giro bilyet. Penerimaan kas
dari debitur dalam bentuk uang tunai memberikan peluang kepada penagih untuk
melakukan penyelewengan. Bentuk penerimaan kas melalui penagih perusahaan ini
yang biasa dilaksanakan di Indonesia, sedangkan bentuk lain masih jarang
dilakukan.
E. Prosedur Pengendalian dan Pemantauan atau Monitoring Piutang
1. Prosedur Pengendalian Piutang
Salah satu dari model struktur pengendalian intern terdiri dari tiga unsur dan
lima unsur pokok struktur pengendalian intern adalah prosedur pengendalian dan
pemantauan atau monitoring. Prosedur pengendalian adalah
Kebijakan dalam prosedur sebagai tambahan terhadap lingkungan
pengendalian dan system akuntansi yang telah diciptakan oleh manajemen untuk
memberikan keyakinan memadai bahwa tujuan tertentu satuan usaha akan tercapai.
Prosedur pengendalian memiliki berbagai macam tujuan dan diterapkan dalam
berbagai tingkat organisasi. Prosedur pengendalian dapat dikelompokkan ke dalam
prosedur yang antara lain adalah :
a. Otorisasi yang semestinya atas transaksi dan kegiatan
b. Pemisahan tugas yang mengurangi kesempatan yang memungkinkan seseorang
dalam posisi yang dapat melakukan dan sekaligus menutupi kekeliruan atau
ketidakberesan dalam pealksanaan tugasnya sehari-hari. Oleh karena itu,
tanggung jawab untuk memberikan otorisasi transaksi, mencatat transaksi dan
menyimpan aktiva perlu dipisahkan di tangan karyawan yang berbeda.
c. Perancangan dan penggunaan dokumen dan catatan yang memadai untuk
membantu pencatatan transaksi secara semestinya, misalnya dengan memantau
penggunaan dokumen pengiriman barang yang bernomor urut tercetak.
8

d. Pengamanan yang cukup atas akses dan penggunaan aktiva perusahaan dan
catatan, misalnya penetapan fasilitas yang dilindungi dan otorisasi untuk akses
ke program dan arsip data komputer.
e. Pengecekan secara bebas atas pelaksanaan dan penilaian yang semestinya atas
jumlah yang dicatat, misalnya pengecekan atas kerjaan klerikal, rekonsiliasi,
pembandingan aktiva yang ada dengan pertanggungjawaban yang tercatat,
pengawasan dengan menggunakan program komputer, penelaahan oleh
manajemen atas laporan yang mengikhtisarkan rincian akun seperti saldo
piutang yang dirinci menurut umur piutang dan penelaahan oleh pemakai atas
laporan yang dihasilkan oleh komputer.
Berkaitan dengan pemakaian komputer dalam sistem informasi akuntansi
dewasa ini, maka perusahaan harus menerapkan pengendalian di lingkungan sistem
yang terkomputerisasi.
Winarno memberikan dua kategori pengendalian di lingkungan system
terkomputerisasi adalah :
1) Pengawasan aplikasi (atau sering disebut juga dengan pengawasan transaksi)
merupakan pengawasan yang dirancang untuk menjamin bahwa (1) semua
transaksi sudah mendapat otorisasi dan (2) semua transaksi sudah dicatat,
diklasifikasi, diproses dan dilaporkan dengan teliti dan benar.
2) Pengawasan umum, ditujukan untuk mengawasi berbagai prosedur, kegiatan
atau aktiva yang tidak secara langsung tercakup dalam pengawasan aplikasi.
Dalam pengawasan aplikasi meliputi tiga jenis pengawasan yaitu :
• Pengawasan masukan
Pengawasan masukan yaitu pengawasan yang ditujukan untuk kegiatan
pencatatan transaksi, dengan pengawasan ini diharapkan setiap transaksi dicatat
dengan teliti, lengkap dan segera.
• Pengawasan proses atau pengawasan pengolahan.
Pengawasan proses atau pengawasan pengolahan dilakukan setelah data
diinput, dengan pengawasan ini diharapkan data diolah secara teliti dan lengkap,
file dan program yang digunakan sudah benar, dan semua transaksi dan catatan
lainnya dapat ditelusuri dengan mudah. Pengawasan proses terdiri dari empat
kategori yaitu :
• Cek logika proses atau processing logic checks
• Kontrol setiap proses atau run-to-run control
• Cek file dan program
• Keterkaitan telusuran audit atau audit trail lingkages.
• Pengawasan keluaran
Pengawasan keluaran dirancang untuk menjamin keluaran yang dihasilkan
oleh sistem sudah lengkap, benar dan didistribusi ke pemakai yang berhak.
Pengawasan ini meliputi dua kegiatan yaitu mengkaji hasil pengolahan dan
pengawasan distribusi laporan.
Pengawasan umum dirancang untuk melengkapi pengawasan aplikasi.
Pengawasan ini meliputi berbagai prosedur, kegiatan dan penggunaan aktiva yang
belum tercakup dalam pengawasan aplikasi terdiri dari :
• Praktik manajemen yang sehat meliputi perencanaan, penganggaran, pemilihan
karyawan dan pengawasan atau supervisi terhadap karyawan.
• Pengawasan operasional yang bertujuan meningkatkan efisiensi pekerjaan tiap
karyawan. Pengawasan ini meliputi tiga tahapan yaitu penetapan standar teknis,
penilaian prestasi dan pengambilan keputusan terutama sebagai tindakan
korektif.
9

2. Monitoring Piutang
Monitoring merupakan proses untuk menilai dari pelaksanaan struktur
pengendalian intern yang telah berjalan. Monitoring merupakan pemantauan yang
dilaksanakan oleh personil yang semestinya melakukan pekerjaan tersebut baik pada
tahap desain maupun pengoperasian perusahaan, agar pada waktu yang tepat dapat
menentukan apakah struktur pengendalian intern tersebut telah memerlukan
perubahan karena terjadinya perubahan keadaan.
Kell et.al, mendefinisikan monitoring sebagai berikut : Monitoring is a process
that accesses the quality of internal control structures performance over time. It
involves by appropriate of the design operation of control on a suitable timely basis
to determine that ICS is operating as intended and that it is modified as appropiate
for changes in conditions.
Monitoring dapat dilakukan selama kegiatan berlangsung dan dapat dievaluasi
secara periodik. Selama kegiatan berlangsung pengendalian intern penjualan dan
penerimaan kas hasil penagihan piutang dilihat dari keluhan-keluhan yang diterima
dari langganan seperti kesalahan billing, terlambatnya pengiriman barang atau
kesalahan pembayaran di dalam lingkungan perusahaan sendiri. Oleh sebab itu,
perlu dilakukan pemantauan terhadap hasil kerja mereka biasanya dievaluasi secara
periodik, karena manajemen akan melihat hasil laporan penjualan dan laporan
penerimaan kas bulanan atau tahunan apakah sesuai dengan anggaran yang
direncanakan. Pengendalian juga dilaksanakan oleh internal auditor, bila internal
auditor mendapati kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan pengendalian
intern penjualan dan penerimaan kas, maka harus segera melaporkan kelemahan
tersebut pada manajemen atau komite audit. Manajemen juga dapat menerima
informasi dari pihak ekstern seperti bank atau akuntan publik tentang kelemahan
struktur pengendalian intern penjualan kredit dan penagihan piutang dalam
perusahaan. Informasi yang diterima dari berbagai pihak akan menjadi bahan
pertimbangan bagi manajemen untuk memperbaiki pelaksanaan pengendalian intern
selanjutnya sehingga dapat memperbesar hasil penjualan dan jumlah penerimaan
kas perusahaan.
Dalam unsure-unsur pengendalian intern, monitoring masih merupakan hal
baru bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, mungkin baru perusahaan-
perusahaan besar yang menerapkannya. Namun sebenarnya kegiatan monitoring
telah berjalan dengan sendirinya dalam suatu perusahaan. Perusahaan sering
memonitoring pelaksanaan pengendalian intern hanya apabila telah terjadi kesalahan
yang fatal dan merugikan perusahaan baik dari segi prosedur kerja maupun dari
besarnya laba yang diinginkan sebagai tujuan akhir perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar